Rabu, 14 Januari 2015

Pedoman Teknis Pengelolaan Produksi Ubi Jalar dan Aneka Umbi

Perpus DN. Ubi jalar sebagai bagian dari komoditas dalam umbi-umbian berperan strategis meningkatkan pendapatan petani. Jika dikelola dengan cerdas melalui komoditi ini kesejahteraan petani dapat  meningkat.  Selain sebagai bahan pangan, ubi jalar dan aneka umbi dimanfaatkan pula sebagai  bahan  baku industri dan pakan ternak.
PerpusDN. Koleksi Buku Ubi Jalar dan Aneka Umbi

Buku Pedoman Teknis  Pengelolaan Produksi Ubi Jalar dan Aneka Umbi yang diterbitkan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian Republik Indonesia tahun 2014 setebal  87 halaman dengan tambahan enan (ix) halaman awal, terdiri atas delapan bab pembahasan. Memberikan informasi 24 variertas unggul ubi jalar yang telah dilepas sejak tahun 1977 hingga 2013. Buku ini memuat informasi  umur tanam hingga siap panen, hasil panen rata-rata dalam jumlah ton per Ha, serta  informasi  benih  dimana benih dapat diperoleh.
Selain informasi tentang 24 varietas buku ini juga memberikan informasi akses petani dan pengusaha memperoleh benih. Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkambi) Malang,  Koperasi Sri Sadono Malang dan Anugerah Tani Malang lembaga dan kelompok yang bisa dihubungi untuk memperolehnya.

Buku ini juga berisi data sasaran indikatif luas tanam, luas lahan, produktivitas dan produksi ubi jalar 33 provinsi di Indonesia pada tahun 2014. Misalnya pada tahun 2014 ubi jalar di provinsi Sulawesi-Selatan ditanam di luas lahan 6.508 Ha, dengan luas panen 6.192 Ha, produktivitas 123,32 Ku/Ha, dengan jumlah produksi 76,300 ton.

Pedoman Teknis  Pengelolaan Produksi Ubi Jalar dan Aneka Umbi salah satu koleksi buku di Perpustakaan Denassa, dapat dibaca sebagai referensi bidang pertanian dan informasi pengembangan usaha ubi jalar dan aneka umbi. (*)

Resensi buku oleh Darmawan Denassa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar